SUSTAINABILITY

 

 

PT Socfin Indonesia berkomitmen untuk berperan aktif dalam mempertahankan kelestarian lingkungan melalui penerapan sistem minyak sawit lestari ( sustainable palm oil ). Untuk itu, PT Socfindo terus memperkuat komitmen tersebut dengan ikut menerapkan prinsip dan kriteria dalam sistem RSPO, ISPO dan ISCC.

RSPO ( Rountable on Sustainable Palm Oil ) adalah asosiasi nirlaba yang terdiri dari berbagai organisasi yang menyatukan para pemangku kepentingan dari berbagai sektor industri kelapa sawit (perkebunan, processing, distributor, industri manufaktur, investor, akademisi, dan LSM bidang lingkungan) yang bertujuan mengembangkan dan mengimplementasikan standar global untuk produksi minyak sawit berkelanjutan. Dimana PT Socfindo telah menjadi anggota RSPO sejak tahun 2004 dan sampai saat ini terus berperan aktif dalam pertemuan-pertemuan RSPO dan event lingkungan lainnya yang diselenggarakan oleh RSPO.

Sampai dengan tahun 2015, seluruh kebun kelapa sawit PT Socfindo telah memperoleh sertifikat RSPO. Sebagai anggota RSPO, PT Socfindo berkomitmen untuk terus menerapkan prinsip-prinsip sustainability di seluruh kebun sawitnya.

Di samping menerapkan sistem RSPO, PT Socfindo juga ikut menerapkan sistem ISPO ( Indonesian Sustainable Palm Oil ). ISPO suatu kebijakan yang bersifat mandatori dari Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementrian Pertanian memiliki tujuan untuk meningkatkan daya saing minyak sawit Indonesia di pasar dunia dan ikut berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan kebun kelapa sawit untuk memenuhi komitmen Presiden Republik Indonesia dalam mengurangi gas rumah kaca (GRK) serta memberi perhatian terhadap masalah lingkungan. Dalam penerapannya, PT Socfindo mengacu sepenuhnya pada Peraturan Menteri Pertanian No. 11/Permentan/OT.140/3/2015 tentang Sistem Sertifikasi Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia ( Indonesian Sustainable Palm Oil Certification System /ISPO ). Untuk sertifikasi ISPO, saat ini seluruh kebun sawit PT Socfindo telah diaudit ISPO dan saat ini sudah 5 kebun yang sudah mendapatkan sertifikat ISPO, yakni kebun Mata Pao, Bangun Bandar, Tanah Gambus, Sungai Liput dan Lae Butar.  

Selain itu, PT Socfindo juga telah mendapatkan ISCC ( International Sustainability & Carbon Certification ). ISCC merupakan sistem sertifikasi bertaraf internasional pertama untuk membuktikan “sustainability”, “traceability” dan penghematan dari efek gas rumah kaca untuk segala jenis produksi biomass ( energi yang terbarukan ). Tujuan penerapan ISCC bagi PT Socfindo adalah untuk memastikan PT Socfindo mendapatkan pengakuan internasional sebagai entitas bisnis perkebunan yang memepertahankan nilai lingkungan dilihat dari aspek pengurangan gas rumah kaca, pengelolaan lahan berkelanjutan, melindungi habitat alam dan keberlanjutan sosial. Sampai dengan tahun ini, sudah ada 4 kebun di PT Socfindo yang telah memperoleh sertifikat ISCC yaitu Mata Pao, Bangun Bandar, Seunagan dan Lae Butar. 

Seluruh sistem sertifikasi terkait dengan sustainability tersebut diterapkan oleh PT Socfindo dengan mengintegrasikannya pada Sistem Manajemen Socfindo yang terdiri dari ISO 9001:2008, ISO 14001:2004 dan OHSAS 18001:2007.

 

PENGUMUMAN RESERTIFIKASI RSPO

PT Socfin Indonesia – Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Tanah Gambus di Kabupaten Batubara dan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Bangun Bandar di Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara telah mengajukan permohonan re-sertifikasi untuk standard RSPO kepada lembaga sertifikasi PT TUV Rheinland Indonesia untuk penilaian yang mengacu pada standar untuk Prinsip dan Kriteria Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), Standar Generik tahun 2013 dan Rantai Pasok, standar tahun 2014. 
 
Penilaian tersebut akan dilakukan oleh tim auditor yang berkualifikasi untuk menilai aspek-aspek legalitas, lingkungan, ekonomi, keselamatan kerja dan sosial seperti yang ada dalam prinsip dan kriteria RSPO selama tanggal 01 - 06 Agustus 2016. Untuk itu, sesuai ketentuan RSPO, maka kegiatan Penilaian Re-Sertifikasi RSPO untuk kedua PKS tersebut harus diumumkan secara luas melalui website resmi perusahaan.
 
Berikut pengumuman resertifikasi untuk masing-masing PKS :
 
• PKS Bangun Bandar  [Bahasa]  [English]
• PKS Tanah Gambus   [Bahasa]  [English]

 

► Program CSR Socfindo

► Berita CSR Socfindo

 

 

 

 

 

 



  • Frequently Asked Questions

    1. FAQ
  • Social Media

    1. Facebook
  • Visitor

    143964

    Online : 2
    Today : 81
    Total Visitor : 143964
    Hits Today : 191
    Total Hits : 618260