Laboratorium PT SOCFIN INDONESIA


LABORATORIUM ANALITIK

Laboratorium Analitik PT Socfin Indonesia didirikan sejak tahun 2012 dan telah berjalan dengan baik. Pada tahun 2014, layanan jasa analisa daun (jaringan tanaman), analisa tanah, analisa pupuk dan analisa diagnosa latex (produk kebun karet) telah dibuka untuk umum.
 
Saat ini laboratorium analitik PT Socfin Indonesia telah melayani pelanggan dari perkebunan swasta, perkebunan pemerintah, perorangan, serta lembaga-lembaga penelitian lokal dan dari Benua Eropa serta lingkup Socfindo sendiri.
 
Untuk menunjang pelayanan terbaik kepada pelanggan, Laboratorium Analitik PT Socfindo mengikuti program Proficiency Test yang diselenggarakan oleh lembaga independen di Belanda WEPAL (Wageningen Evaluating Programs for Anlaytical Laboratories) sebanyak 4x per tahun. Supervisi rutin dari CIRAD (La recherche agronomique pour le développement) Perancis juga dilakukan setahun sekali.
 
Selain itu pada tahun 2015, sertifikasi sesuai ISO/IEC 17025-2008 oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional) telah dilakukan dan sertifikatnya telah diterima sebagai Laboratorium Penguji LP - 905 - IDN.
 
Fasilitas Laboratorium Analitik
 
Untuk mendukung pelayanannya laboratorium analitik Socfindo telah dilengkapi dengan peralatan modern, diantaranya :
  • Atomic Absorption Spectrophotometer  Agilent  SpectrAA 280 FS.
  • The San ++ Continous Flow Analyzer.
  • Spectrophotometer UV-VIS Agilent Cary 60 .
  • pH Meter & Conductivity Meter Agilent  3200M Multiparameter. 
  • Microwave Digestor SCP Science Novawave SA
  • Oven Memmert UFB 400, UNB 400. 
  • Digestion  Block Skalar  SA5620. 
  • Waterpurifier Milli-Q Academic Millipore.
  • Laboratory Mills Thomas Willey 4
  • Muffle Furnance WITEG F-14.
Informasi lebih lanjut silahkan lihat di Brosur.
LABORATORIUM BIOMOLEKULER
 
Laboratorium ini berdiri sejak 2013 terletak di Socfindo Seed Production and Laboratories (SSPL) Bangun Bandar. Tujuan didirikannya Laboratorium Biomolekuler adalah untuk melakukan penelitian pengembangan dalam kaitannya dengan pemuliaan tanaman baik varietas kelapa sawit maupun karet dengan target menemukan varietas-varietas baru yang superior secara genetik maupun fenotip.
 
Dalam perjalanannya laboratorium ini bekerjasama dengan Laboratorium milik CIRAD-Perancis. Beberapa pekerjaan yang saat ini sedang berjalan :
 
ID-Checking terhadap crossing baru Kelapa Sawit dan Klon-Klon Karet.
Rekayasa Genetik untuk mendapatkan banyak variasi genetik
Identifikasi beberapa penyakit pada Kelapa Sawit dan Karet.
Dan lain-lain
 
Laboratorium Biomolekuler ini juga melakukan pengembangan dan seleksi pembentukan karakter-karakter baru yang di masa akan datang sangat diperlukan. Seperti varietas tahan patogen dan varietas dengan produksi tinggi.
 
 

 

LABORATORIUM TISSUE CULTURE

Laboratorium Kultur Jaringan ini dibangun kembali pada tahun 2014 dan aktivitas dimulai pada tahun 2015. Sebelumnya PT Socfin Indonesia telah memiliki laboratorium ini sejak tahun 1983 bekerjasama dengan IRHO (CIRAD), dan kemudian perusahaan membekukan aktivitas pada tahun 1996 karena kegiatan tidak mencapai hasil seperti yang diharapkan.
 
Laboratorium ini bertujuan untuk membantu kegiatan Pemuliaan yang ada di PT Socfin Indonesia. Diharapkan dengan adanya laboratorium ini dapat mempercepat proses pemuliaan tanaman sehingga PT Socfin Indonesia dapat meningkatkan kapasitas produksi kecambah sesuai dengan meningkatnya permintaan konsumen, terutama permintaan tehadap kecambah dengan karakteristik khusus seperti kecambah MT Gano.
 
Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang Kultur Jaringan, kami yakin dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap perkembangan Kelapa Sawit di dunia. Beberapa penelitian untuk membentuk karakter superior pada kelapa sawit dan karet telah dikembangkan dengan teknik Kultur Jaringan ini, diharapkan dalam beberapa tahun kedepan pelanggan kecambah D X P Socfindo dan MT Gano dapat menikmati produk-produk dengan inovasi terbaru dan tentu saja dapat meningkatkan produksi melebihi ekspektasi saat ini.
 


  • Frequently Asked Questions

    1. FAQ
  • Social Media

    1. Facebook
  • Visitor