FREQUENTLY ASKED QUESTIONS


01. Apa yang dimaksud dengan tanaman kelapa sawit ?

Jawaban :

Tanaman kelapa sawit disebut juga dengan Elaeis guinensis Jacq. Elaeis berasal dari kata Elaion yang dalam bahasa Yunani berarti minyak. Guinensis berasal dari kata Guinea yaitu Pantai Barat Afrika dan Jacq singkatan dari Jacquin seorang Botanist dari Amerika.

 

Taksonomi tanaman kelapa sawit

Divisi        : Tracheopita

Sudivisi      : Pteropsida

Kelas        : Monocotyledoneae

Ordo         : Cocoideae

Family       : Palmae

Subfamily : Cocoideae

Genus       : Elaeis

Spesies     : Elaeis guinensis Jacq.

Varietas dari Elaeis guinensis Jacq. cukup banyak dan biasanya diklasifikasikan dalam berbagai hal. Misalnya dibedakan atas tipe buah, bentuk luar, tebal cangkang, warna buah dan lain-lain. Berdasarkan warna buah dari spesies Elaeis guinensis Jacq, dikenal varietas :

·    Nigrescens : buahnya berwarna violet sampai hitam pada waktu muda dan berubah menjadi oranye setelah buah matang.

·    Virescens : buah berwarna hijau waktu muda dan setelah matang berwarna oranye.

·    Albescens : waktu muda berwarna kuning pucat; tembus cahaya karena mengandung sedikit karotein.

Pada varietas nigrescens maupun virescens dijumpai buah yang memiliki carpel (bersayap) dan dikenal sebagai Diwakka-wakka.

02. Apakah PT. Socfin Indonesia merupakan salah satu produsen benih kelapa sawit resmi dan bagaimana jangkauan pemasarannya ?

Jawaban :

PT. Socfin Indonesia merupakan salah satu produsen benih kelapa sawit yang sudah mapan dan berpengalaman. Saat ini Socfindo merupakan produsen kecambah kelapa sawit dengan penjualan terbesar di Dunia. Secara resmi menjadi produsen sejak tahun 1984 berdasarkan S.K. Mentan No. K.B. 320/261/Kpts/1984, tanggal 7 Mei 1984 dengan jangkauan pemasarannya untuk domestik mulai dari Nangroe Aceh Darussalam hingga Papua, serta memiliki pasar ekspor ke luar negeri seperti Amerika Latin, Asia Tenggara dan Afrika Barat/Tengah.

 

03. Apa saja varietas benih kelapa sawit yang dikeluarkan oleh PT. Socfin Indonesia ?

Jawaban :

PT. Socfin Indonesia telah merilis 3 varietas benih kelapa sawit unggul yaitu :

·    DxP Unggul Socfindo (L) berdasarkan SK. Mentan No. 440/Kpts/LB.320/7/2004 dan

·    DxP Unggul Socfindo (Y) berdasarkan SK. Mentan No. 441/Kpts/LB.320/7/2004.

·    DxP Socfindo MT Gano berdasarkan SK Menteri Pertanian RI No. 4569 / Kpts/SR.120/8/2013.

 

04. Apa perbedaan antara DxP Unggul Socfindo (L) dan DxP Unggul (Y)  ?

Jawaban :

Secara mendasar perbedaan ke-2 varietas tersebut terletak pada sifat karakter pertumbuhannya yang meninggi dan jumlah tandan yang diproduksi per tahun. DxP Unggul Socfindo (L) memiliki pertumbuhan meninggi yang lambat (rata-rata 45 - 50 cm/tahun) sedangkan DxP Unggul Socfindo (Y) memiliki pertumbuhan moderat yaitu (rata-rata 50 - 60 cm/tahun). Jumlah tandan pada pohon DxP Socfindo (L) lebih banyak dari DxP Unggul Socfindo (Y).

05. Mengapa kedua varietas tersebut DxP Unggul Socfindo (L) dan (Y) tetap dikembangkan dan diproduksi ?

Jawaban :

varietas tersebut tetap dikembangkan dan diproduksi untuk saling melengkapi satu sama lainnya. Dengan menanam kedua varietas tersebut secara mix atau berdampingan akan dapat mengoptimalkan produktivitasnya, dimana varietas DxP Socfindo (Y) yang menghasilkan bunga jantan lebih banyak akan menyediakan sumber pollen yang cukup untuk penyerbukan pada varietas DxP Socfindo (L) yang memiliki sifat lebih feminim (sex ratio yang sangat tinggi).

 

06 Apa karakteristik keunggulan DxP Unggul Socfindo ?

Jawaban :

·    Rata-rata produksi TBS : 28 - 32 ton/ha/tahun dengan potensi produksi komersial mencapai 40 TBS/ha/tahun (pada kondisi, umur dan lokasi tertentu)

·    Rata-rata produksi MKS (CPO) : 7 - 9 ton/ha/tahun dengan total palm produk mencapai 10 ton/ha/tahun (CPO + PKO)

·    Rata-rata ekstraksi minyak kelapa sawit > 26% dan minyak kernel kelapa sawit 4,2% Tenera > 99,9%

·    Panen perdana pada umur 24 bulan dengan potensi produksi 14 -20 ton/ha/tahun (pada umur 24 s/d 36 bulan setelah tanam di lapangan, kondisi dan lokasi tertentu).

·    Pertumbuhan homogen untuk mempermudah pemanen.

·    Laju pertumbuhan meninggi yang lambat dan moderat.

·    Daya adaptasi luas baik untuk di lahan kering (khusus DxP Unggul Socfindo (L)) maupun di lahan basah (kombinasi DxP Unggul Socfindo (L) dan (Y))

·    Resisten terhadap penyakit Layu Fusarium dan insiden/kejadian penyakit tajuk (crown disease) yang kecil dan Responsif terhadap pemupukan

·    Iodine Value > 54

·    RBD Olein > 76,92%

·    Kadar B carotene > 500 ppm

 

07.  Apakah DxP Unggul Socfindo sudah teruji dan terbukti baik ?

Jawaban :

Ya, DxP Unggul Socfindo sudah teruji dan terbukti di kebun percobaan dan komersial PT Socfindo sendiri maupun di kebun-kebun komersial pelanggan DxP Kecambah Socfindo. Program pemuliaannya sudah berlangsung lama, lebih dari 100 tahun pengalaman sejak 1913. Sejak tahun 1970 telah digunakan metode pemuliaan RSS (Reciprocal Recurrent Selection) dengan fokus pada pemilihan tetua-tetua terbaik, sehingga hasil persilangan DxP Socfindo akan menghasilkan potensi terbaik. Benih unggul socfindo hasil persilangan metode RRS telah ditanam secara komersial sejak tahun 1970 di perkebunan Socfindo dan perkebunan perusahaan lainnya dan sudah terbukti berhasil.

Benih atau kecambah yang sekarang dikomersialkan merupakan hasil dari siklus ke-3 melalui program RRS atau Seleksi Berulang Timbal Balik dimana satu siklus membutuhkan pengujian minimum 12 tahun.

 

08. Apa yang disebut kecambah kelapa sawit palsu?

Jawaban :

Kecambah kelapa sawit palsu atau disebut kecambah illegitim (illegal) adalah kecambah kelapa sawit yang diperoleh dari sumber yang tidak diketahui asal usulnya (illegitim). Umumnya kecambah illegitime diperoleh dari persilangan buah komersial (F1) sehingga akan menghasilkan pohon sawit Dura ± 25%, pohon Pisifera (tidak berbuah/buah abortus) ± 25% dan pohon Tenera ± 50%. Sangat banyak kerugian yang ditimbulkan dari penggunaan kecambah kelapa sawit palsu.

 

09. Bagaimana metode pemuliaan bahan tanaman kelapa sawit yang dikembangkan oleh PT. Socfin Indonesia?

Jawaban :

Pemuliaan tanaman kelapa sawit di PT Socfindo telah dimulai sejak tahun 1913 dengan penanam pokok induk dura deli di Medang ara, semadam, Tj Genteng. Awalnya (sebelum era tahun 1970-an) metode pemuliaan  yang dikembangkan adalah seleksi massa dan seleksi family.

Pada tahun 1970, PT Socfindo bekerjasama dengan IRHO-Perancis mengembangkan metode pemuliaan RRS atau Seleksi Berulang Timbal Balik dengan membangun kebun pengujian genetik, kebun induk Dura (group A) dan kebun Induk Pisifera (group B) di kebun Bangun Bandar.

Tahun 1994, PT Socfindo melanjutkan kerjasama dengan IRHO yang telah berganti nama dengan CIRAD dengan membangun kebun-kebun percobaan dengan jaringan penelitian pemuliaan kelapa sawit dengan seluruh percobaan CIRAD di seluruh dunia di Aek Loba Timur. Kebun percobaan yang dibangun di Aek Loba pada periode tahun 1994 -2000 merupakan pengembangan siklus ke-2 dari program pemuliaan PT Socfindo.

Tahun 2005 sampai saat ini telah dibangun lagi kebun-kebun percobaan genetik dan kebun Induk (Seed Garden dan Parental Garden) di Aek Kuasan yan merupakan siklus ke-3 dan percobaan-percobaan dengan material-material baru dari berbagai belahan dunia hasil eksplorasi maupun pertukaran material genetik (exchange program) dengan berbagai institusi penelitian kelapa sawit dunia.

Sampai dengan siklus ke-3 program pemuliaan kelapa sawit PT Socfindo telah melepas 3 varietas terbaiknya yaitu DxP Unggul Socfindo (L), DxP Unggul socfindo ( Y), dan DxP Socfindo MTG. Ketiga varietas tersebut merupakan upgrade dari material-material terbaik dari siklus ke-3 program pemuliaan kelapa sawit PT Socfindo.

 

10. Mengapa kualitas sumber genetik penting apabila kita ingin menanam suatu jenis tanaman ?

Jawaban :

Pertumbuhan tanaman ditentukan oleh 3 faktor utama yaitu faktor genetic, kultur teknis dan faktor lingkungan. Interaksi ketiganya seperti terlihat pada rumus berikut  : Pertumbuhan tanaman = Genetik (keturunan) + Lingkungan + Kultur Teknis.

Genetik  :

  • Additive
  • Non Additive

Lingkungan  :

  • Iklim (suhu, cahaya, kelembaban)
  • Tanah (Tingkat kesuburan, Fisik, Kimia, Jenis)

Kultur Teknis  sebagai perlakuan pada :

  • SDM
  • Pola tanam
  • Pemupukan
  • Pemeliharaan, dll

Faktor genetik bersifat permanen efeknya terhadap pertumbuhan tanaman. Sekali kita menggunakan individu dengan susunan genetik yang baik kita akan mendapatkan pertumbuhan dan hasil yang baik sepanjang tempat tumbuh, pemeliharaan dan pemupukan yang dilakukan berada pada kondisi yang optimum. Sebaliknya sekali kita menggunakan bibit tanaman dengan kualitas genetik yang jelek maka kita tidak akan mendapatkan hasil yang diharapkan meskipun kita telah memelihara dan mempupuk dengan baik.

 

11. Mengapa meskipun sudah memakai material genetik tanaman unggul dan superior kita masih harus melakukan pemeliharaan dan pemupukan yang optimum ?

Jawaban :

Ada tiga faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman kelapa sawit, yakni faktor lingkungan, bahan tanaman, dan tindakan kultur teknis. Tentu saja ketiganya saling terkait dan mempengaruhi satu sama lain. Ketiga faktor tersebut bersifat saling melengkapi, jadi apabila kita tidak melakukan pemeliharaan dan pemupukan dengan baik maka potensi genetik dari suatu individu tidak akan terekspresikan seperti yang diharapkan.

 

12.Apa yang dimaksud dengan sumber genetik atau germplasm ?

Jawaban :

Suatu individu atau populasi dimana bahan-bahan tersebut digunakan untuk perbanyakan seperti benih, tunas, daun atau bagian vegetatif lainnya diambil. Umumnya disebut juga sebagai mother plant, plus trees atau pohon induk.

 

13. Mengapa harus memakai bahan tanaman DxP unggul Socfindo ? Dan Apa dasar-dasar kriteria pemilihan bahan tanaman yang unggul untuk dikonsumsi ?

Jawaban :

DxP Unggul Socfindo hanya berkontribusi pada input sebesar 5-7 % dari total biaya produksi, namun kualitas dan karakteristiknya merupakan hal yang sangat krusial dalam mempengaruhi proses pertumbuhan dan produktivitas secara keseluruhan.

Bahan tanaman (benih) selain bergantung kepada lingkungan juga sangat ditentukan karakteristik genetiknya sendiri.

DxP Unggul Socfindo diperoleh melalui suatu program pemuliaan jangka panjang yang konsisten dan jelas asal-usulnya.

DxP Unggul Socfindo juga sudah terbukti baik dan teruji sudah ditanam secara komersial dan luas, serta mampu memberikan hasil pertumbuhan dan produktivitas yang baik, terutama secara ekonomi.

Socfindo juga memudahkan customer dalam memperoleh informasi tentang kualitas, prosedur dan proses memperolehnya, keamanan dalam pendistribusian serta layanan purna jual.

 

14. Bagaimana memperoleh benih DxP Unggul Socfindo ?

Jawaban :

Standar pemesanan produk DxP Unggul Socfindo cukup mudah. Pemesanan dapat dilakukan dengan tahapan berikut :

1.    Membuat permohonan pembelian (order) kecambah ditujukan kepada  :

Direksi PT. Socfin Indonesia

Up. Seed Sales & Marketing

Jl. K.L. Yos Sudarso No. 106 Medan, 20115

Telp 061-661 6066          Fax 061-6614390

email : head_office@socfindo.co.id and seed_sales@socfindo.co.id

Atau dapat dilakukan pemesanan melalui website ini dengan klik disini

  1. Melakukan pembayaran hanya melalui transfer via rekening PT. Socfin Indonesia, Bank Mandiri Cab. Imam Bonjol Medan No. Rek. 105.0066.00005.4
  2. PT. Socfin Indonesia hanya memiliki satu pintu penyaluran kecambah dan tidak memiliki agen/distributor atau jasa pihak ke-3 untuk memasarkan / menjual benihnya.
  3. Customer melengkapi surat SP2B-KS (Surat Persetujuan Penyaluran Benih Kelapa Sawit) dari Instansi pemerintah (Cq. Dinas Perkebunan) sebagai pelengkap.
  4. Seluruh serah terima benih hanya dilakukan di Kantor PT. Socfin Indonesia Jl. K.L Yos Sudarso No. 106 Medan pada jam kantor.
  5. Sedangkan serah terima bibit pre nursery dilakukan di kebun Tanjung Maria (Dolok Masihul) dan kebun Aek Pamienke (Labuhanbatu Utara).

 

15. Apakah PT Socfindo menyediakan pemesanan kecambah atau bibit secara online?

Jawaban :

Untuk mempermudah customer, PT Socfindo telah menyediakan layanan pemesanan produk dan jasa secara online. Customer dapat mengakses e booking system di www.socfindo.co.id pada halaman Pemesanan Produk.

16. Bagaimana tahapan pemesanan kecambah atau bibit DxP Socfindo secara online ?

Jawaban :

1.    Lakukan registrasi terlebih dahulu

  1. Pemesanan online hanya dapat dilakukan apabila customer sudah memiliki User ID dan login password. Silahkan Anda melakukan registrasi disini.
  2. System akan mengirimkan User ID dan login password ke alamat email yang didaftarkan oleh customer melalui registrasi online.
  3. Kami harapkan customer memberikan informasi yang akurat pada saat melakukan registrasi karena hal ini sangat penting untuk memudahkan pelayanan kami selanjutnya.
  4. Keakuratan informasi menjadi tanggung jawab customer, sehingga apabila terjadi kerugian akibat ketidakakuratan informasi pelanggan, maka ini tidak menjadi tanggung jawab PT Socfindo.
  5. Jika Anda berhasil login maka pesanan sudah dapat dilakukan.

2.    Sistem Pemesanan Online

  1. Untuk melakukan pemesanan, customer dapat login ke e-booking system di www.socfindo.co.id menggunakan user ID dan password yang terdaftar.
  2. Pesanan pembelian akan terkirim kepada staf sales and marketing PT Socfindo dalam bentuk email dari e-booking system, pelanggan juga akan menerima konfirmasi bahwa pesanan yang dibuat sudah terkirim, konfirmasi melalui alamat email yang didaftarkan oleh pelanggan.
  3. Staf sales and marketing PT Socfindo selanjutnya akan merespon pesanan dengan mengirimkan konfirmasi ke pelanggan melalui alamat email yang terdaftar atas subjek pesanan, baik berupa harga maupun ketentuan lainnya serta perihal kelengkapan dokumen pembelian.
  4. Setelah seluruh dokumen pembelian sudah terkonfirmasi lengkap, maka customer dapat melakukan tahapan selanjutnya.

 

17. Apakah selain bibit dan kecambah PT Socfindo juga menawarkan jasa lainnya ?

Jawab :

Ya. Socfindo juga membuka layanan jasa laboratorium analitik. Detil informasi jenis layanan dan metode analisis dapat dilihat disini.

Untuk pemesanan jasa laboratorium analitik, customer dapat melakukan tahapan pemesanan seperti pada penjelasan di atas. Silahkan klik disini dan Anda bisa membuat pemesanan jasa Laboratorium.

 



  • Frequently Asked Questions

    1. FAQ
  • Social Media

    1. Facebook
  • Visitor

    143964

    Online : 2
    Today : 81
    Total Visitor : 143964
    Hits Today : 189
    Total Hits : 618258