Socfindo Tawarkan Pemanfaatan Energi Alternatif

CSR Ekonomi Kreatif
24 April 2015 - 16:59:06

Dolok Masihul, (Analisa). Menyikapi secara positif kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), PT Socfindo Seeds Production & Labs (SSPL) melaksanakan sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan bioetanol dan biogas, sebagai energi alternatif sekala rumah tangga.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan lebih dalam kepada masyarakat tentang sumber-sumber energi alternatif, selain bahan bakar minyak bumi yang bisa diproduksi secara sederhana dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar. Misalnya dari ubi kayu yang banyak ditanam masyarakat sebagai bahan baku pembuatan bioetanol, dan limbah kotoran sapi sebagai bahan baku biogas.

Kegiatan tersebut dilaksanakan, Rabu (19/10) dibuka Kepala SSP & Labs, H. Indra Syahputra, yang dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan CSR perusahaan yang langsung tanggap terhadap persoalan kekinian yang dihadapi oleh masyarakat seperti kenaikan harga BBM.

“Kita harus kreatif dalam mengeksplore energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitar kita, karena keterbatasan dan mahalnya beban yang ditanggung pemerintah dalam memproduksi bahan bakar minyak bumi,” papar Indra Syahputra.

Semoga dana subsidi yang telah dikurangi lanjutnya nyata bermafaat untuk pembangunan infrastuktur, pendidikan dan kesehatan rakyat Indonesia, seperti yang dijanjikan Presiden Jokowi.

Kegiatan diikuti 65 peserta yang merupakan wakil dari Pemerintahan Desa, kelompok tani dan ternak yang ada di wilayah Kecamatan Dolok Masihul.

Turut hadir dalam kegiatan Camat Dolok Masihul Drs Ramadhan Purba yang memberikan apresiasi kepada PT. Socfindo yang benar-benar memberikan solusi bagi permasalahan yang dialami masyarakat saat ini, terlebih bahan pembuatan bioetanol dan biogas ini yang sumbernya banyak terdapat di Kecamatan Dolok Masihul, kata Camat Dolok Masihul.

Sementara itu koordinator CSR SSPL, Dadang Afandi SP menjelaskan kegitan ini akan berlanjut dengan pembuatan reaktor biogas di beberapa desa sebagai pilot project. “Tahap awal ini kami merencanakan membangun 10 buah instalasi biogas di beberapa desa sebagai percontohan, dan berharap warga yang lain akan ikut membangun reaktor biogas secara mandiri, sehingga pada suatu saat nanti desa tersebut akan menjadi Desa Mandiri Energi (DEM),” jelas Dadang.

Kegiatan didisi dengan kunjungan ke lokasi reaktor biogas milik kelompok tani ternak Anugrah Desa Kerapuh, Kecamatan Dolok Masihul yang telah beroperasi sejak tahun 2011 dengan bahan baku kotoran ternak sapi milik kelompok Anugerah.

“Dari tangki reaktor berkapasitas 5.000 liter ini kami bisa menghasilkan biogas sebanyak 9 kg, ini sudah membantu memenuhi kebutuhan gas untuk kebutuhan rumahtangga anggota,” jelas Amri, mewakili kelompok ternak Anugerah saat kunjungan. (chair)

 

CSR Socfindo PSBB Salurkan Bantuan Dana Bergulir Kepada Masyarakat

CSR Ekonomi Kreatif
26 Desember 2014 - 10:47:32

Socfindo Bangun Bandar Gelar Donor Darah

CSR Sosial
19 April 2015 - 12:59:00

Socfindo Tawarkan Pemanfaatan Energi Alternatif

CSR Ekonomi Kreatif
24 April 2015 - 16:59:06

Karyawan Socfindo Terima Penghargaan

CSR Pendidikan
26 Desember 2014 - 10:48:20

Socfindo Sungai Liput Salurkan Beasiswa

CSR Pendidikan
19 April 2015 - 13:11:19

Perkebunan PT Socfindo Sumbang Ke SMP Negri 1 Bilah Hilir

CSR Pendidikan
19 April 2015 - 13:31:30



  • Frequently Asked Questions

    1. FAQ
  • Social Media

    1. Facebook
  • Visitor