Laboratorium Kultur Jaringan PT Socfindo Diresmikan

Plantation News

(Analisa/chairuddin) TANDATANGANI: Bupati Sergai, Ir H Soekirman didampingi General Manager PT Socfindo, Andi Suwignyo dan Kepala Socfindo Seeds Production and Laboratories (SSPL), H. Indra Syahputra menandatangani prasasti peresmian laboratorium kultur jaringan PT.Socfindo, Kamis (11/6).

 

Dolok Masihul, (Analisa). Sebagai salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang juga sebagai produsen kecambah kelapa sawit terbesar di Indonesia, bahkan di dunia, PT Socfindo terus mengupdate teknologi untuk terus meningkatkan kualitas benih kelapa sawit yang dihasilkannya.

 
Hal tersebut diwujudkan dengan pembangunan laboratorium kultur jaringan, dan laboratorium biomolecular di Socfindo Seed Production and Laboratories (SSPL), di Desa Martebing, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai. 
 
Peresmian digelar, Kamis (11/6) oleh Bupati Serdang Berdagai, Ir H Soekirman bersama jajaran Direksi PT Socfindo, dihadiri beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit mitra PT Socfindo. 
 
Peresmian diawali dengan penandatanganan prasasti, pengguntingan pita, dilanjutkan kunjungan ke laboratorium untuk meninjau peralatan dan aktivitas yang sudah berjalan di kedua laboratorium tersebut.
 
“Saya bangga ternyata produsen kecambah kelas dunia ada di Kabupaten Serdang Bedagai ini, dan sekarang ditambah lagi laboratorium kultur jaringan dan biomolekuler juga dibangun di kabupaten ini, ke depan kita tidak takut lagi dan sanggup menghadapi MEA,” papar H Soekirman.
 
Bupati berharap tanaman kelapa sawit hasil teknologi kultur jaringan dan biomolukuler ini, dapat dinikmati oleh petani biasa. Sehingga pendapatan petani makin meningkat dan kehidupannya tambah sejahtera.
 
General Manager PT Socfindo, Andi Suwignyo menyatakan, PT Socfindo sudah memiliki dan mengembangkan kultur jaringan kelapa sawit sejak 1983, tetapi kemudian dihentikan kegiatannya pada 1996 karena pada saat itu masih banyak dijumpai tanaman abnormal pada tanaman sawit hasil kloning.
 
“Sementara untuk laboratorium biomolekuler kita sudah mulai sejak 2008, dan 2015 ini lab kita pindahkan ke gedung baru dilengkapi dengan peralatan yang lebih terbaru lagi,” Andi Suwignyo. 
 
Ditambahkan Kepala Socfindo Seeds Production and Laboratories (SSPL), H. Indra Syahputra, karyawan SSPL berterimakasih kepada principle Director Mr. H. O. Williams yang telah berhasil meyakinkan pemilik saham PT Socfindo untuk membangun kembali laboratorium tissue culture yang lebih modren dan lengkap.
 
Peresmian gedung laboratorium kultur jaringan dan biomolekuler dirangkai penyerahan sertifikat ISO 17025 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dari Jakarta untuk laboratorium Analitik PT Socfindo. 
 
Sertifikat tersebut menunjukkan laboratorium analitik milik PT Socfindo telah memenuhi standard nasional, baik hasil maupun metode yang digunakan. (chair)

 

 


16 Juni 2015 - 01:00:20



  • Frequently Asked Questions

    1. FAQ
  • Social Media

    1. Facebook
  • Visitor